PROFIL DESA ROSEP

IMG_20180201_WA0024_1

Kondisi Desa Rosep

      Desa Rosep Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan yang berada disebelah barat Kecamatan Blega yang berbatasan dengan desa lainnya menunjukan pertumbuhan yang positif, ditandai keberhasilan pembangunan yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun baik sarana dan prasarana, masyarakat yang sangat agamis sangat mendukung kemajuannya. Kondisi yang diharapkan di masa depan tidak terlepas dari pencapaian sasaran-sasaran dan tujuan-tujuan pembangunan secara efektif. Seiring dengan itu, upaya secara terus menerus tetap diarahkan untuk mengatasi tantangan dan hambatan pembangunan desa guna mewujudkan kondisi yang diharapkan dan kondisi saat ini merupakan modal dasar atau bahan untuk perencanaan yang akan menentukan keberhasilan, keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa.


Visi dan Misi

        Penyusunan Visi Desa Rosep ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Rosep seperti pemerintah desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat desa dan masyarakat desa pada umumnya. Pertimbangan kondisi eksternal di desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di kecamatan. Maka berdasarkan pertimbangan di atas Visi Desa Rosep adalah :


TERWUJUDNYA DESA ROSEP YANG MAKMUR, MANDIRI DAN AGAMIS

        Selain penyusunan visi juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Visi berada di atas misi. Pernyataan visi kemudian dijabarkan ke dalam misi agar dapat di operasionalkan/dikerjakan. Sebagaimana penyusunan visi, misipun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Rosep, sebagaimana proses yang dilakukan maka Misi Desa Rosep adalah :
  • Mewujudkan sumber daya manusia desa yang agamis, produktif, berkualitas dan berdaya saing.
  • Mempercepat peningkatan perekonomian berbasis potensi lokal. 
  • Mengembangkan infrastruktur bernilai tambah tinggi. 
  • Mewujudkan Pemerintahan Daerah yang bersih, efektif dan efisien serta berorientasi pada pelayanan publik. 
  • Memajukan pendidikan umum maupun agama dimulai sejak dini.
Keadaan Geografis

         Desa Rosep Kecamatan Blega berada di wilayah administrasi Kabupaten Kabupaten Bangkalan dengan luas wilayah 328,12 hektar / 3,28 Km yang terdiri atas 6 Dusun Jarak dari Kantor Desa ke Kota Kecamatan adalah 2,0 Km, ke Ibu Kota Kabupaten berkisar antara 38,5 Km. Dilihat dari batas wilayah administrasi, Desa Rosep Kecamatan Blega berbatasan dengan :

                    ➢ Sebelah Utara : Desa Blega Kecamatan Blega

                    ➢ Sebelah Selatan : Desa Pangeran Geddungan Kecamatan Blega

                    ➢ Sebelah Barat : Desa Lombang Laok Kecamatan Blega

                    ➢ Sebelah Timur : Desa Panjalinan Kecamatan Blega

       Secara geografis, Desa Rosep adalah merupakan wilayah dataran dengan ketinggian 3,8 mdpl yang terdiri dari Lahan Persawahan, tegalan, pekarangan hutan dan lain sebagainya. Sedangkan curah hujan rata 35,24 mm, dengan daratan tanah yang sangat subur menunjang pertanian baik tanaman padi, holtikultura dan tanaman kehutanan, sumber air bagi keperluan sehari penduduk Desa Rosep Kecamatan Blega. Pembangunan di sisi selatan yang sangat pesat yang menjadikan desa berpotensi untuk menjadi desa yang maju.

Pemerintahan

      Penentuan pemilihan Kepala Desa dilaksanakan dengan pemilihan langsung oleh masyarakat dengan masa jabatan 6 (enam) tahun sekali, Sekretaris Desa Rosep sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil dan penentuan Kaur dan Kepala Dusun berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa dengan dasar musyawarah mufakat. Pada tahun 2017 belum memiliki gedung dan balai desa secara permanen dan masih dalam tahap perencanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages