KENALI POTENSI DESA ROSEP

IMG_20180201_WA0053

    Desa Rosep merupakan salah satu desa yang cukup maju di Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. Desa Rosep yang terletak tidak jauh dari Kantor Kecamatan Blega dan Pasar Blega ini merupakan salah satu desa dengan kekayaan alam berlimpah-ruah. Selain itu aksen jalan menuju Desa Rosep ini sangat mudah, dilihat dari akses jalan raya menuju desanya yang kurang lebih sekitar 2 Kg dan ditempuh dengan kendaraan baik motor ataupun lainnya.

desa_siaga_rosep

     Desa Rosep terdiri atas enam dusun diantaranya yaitu dusun Leggung Selatan, Leggung Utara, Rosep Timur, Rosep Barat, Brekas, dan Kepong. Jumlah penduduk di desa Rosep adalah kurang lebih sebanyak 800 KK dengan total 1200 jiwa. Rata-rata masyarakat desa Rosep bermata pencaharian sebagai petani, pedagang dan berternak. Akan tetapi rata-rata penduduk sekitar bekerja di luar Madura, sehingga potensi desa belum mengalami kemajuan.
      Potensi alam yang dimilki desa Rosep Kecamatan Blega ini diantaranya yaitu padi, kacang, jagung dan telur bebek. Padi merupakan salah satu potensi alam desa Rosep yang memiliki kekayaan yang cukup banyak. Rata-rata masyarakat sekitar desa Rosep bercocok tanam padi dan kacang. Hasil olahan alam yang dihasilkan desa Rosep berupa padi dan kacang ini langsung dijual di pasar Blega tanpa mengalami proses pengolahan, sehingga masyarakat mengalami kesulitan dalam menginovasikan hasil olahan tersebut.

IMG_20180201_WA0058

      Begitu pula dengan potensi kacang yang ada di desa Rosep. Selain kacang, masyarakat desa Rosep bercocok tanam jagung sebagai mata pencaharian mereka. Rata-rata masyarakat sekitar menjual hasil buminya secara mentah yaitu dengan menjualnya di pasar Blega dan pasar lainnya. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan masyarakat sekitar desa Rosep adalah dengan mengelola hasil bumi (padi dan kacang) menjadi makanan atau minuman bernilai jual tinggi. Sehingga perlunya pelatihan terhadap warga desa Rosep agar bisa memanfaatkan hasil Tanam/ hasil Alamnya yang sangat kaya dan meningkatkan perekonomian desa Rosep.

IMG_20180201_WA0059

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages