MENGGALI INFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN YANG ADA DI DESA ROSEP

IMG_20180115_WA0094
Ing Ngarso Sung Tulodo ‘Di Depan memberi Contoh’
Ing Madyo Mangu Karso ‘Di Tengah Memberi Semangat’
Tut Wuri Handayani ‘Di Belakang Memberi Dorongan’

         Salah satu semboyan pendidikan yang dipakai KI Hajar Dewantara sebagai logo Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Semboyan ini bermaksud untuk memberikan dorongan dan juga arahan kepada guru agar dalam proses mendidik mencerminkan 3 pokok tersebut. Sesuai dengan slogan yang diberikan oleh bapak pendidikan kita, maka selayaknya kita sebagai generasi muda harus memiliki semangat juang untuk mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan salah satunya yaitu pendidikan di desa Rosep.

       Berbicara mengenai pendidikan di Kecamatan Blega khususnya desa Rosep dibagian barat terdapat SD Negeri 1 Rosep, dibagian baratnya juga tidak jauh dari SDN 1 Rosep terdapat Yayasan Ash-Shahihiyah. Selain itu juga terdapat TK Mawar yang tidak jauh dari rumah Kepala Desa Rosep yang akses jalannya terbilang sangat mudah. Tidak hanya SDN 1 Rosep juga terdapat Sekolah dasar lainnya yaitu SDN 2 Rosep dan SDN 3 Rosep.

IMG_20180117_WA0064

       Membahas tentang pendidikan di Desa Rosep ini terbilang cukup maju karena mayoritas masyarakatnua sudah mengenyam pendidikan tinggi atau setara S1. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwasannya murid-murid di sekolah tersebut masih memiliki keterbatasan dalam pembelajaran.

IMG_20180116_WA0012

          Misalnya saja ada salah satu murid yang duduk dibangku SD kelas IV masih kesusahan dalam membaca dan berhitung. Tidak hanya siswa yang memiliki keterbatasan, tetapi sarana dan prasarana yang tidak maksimal membuat siswa kurang kondusif saat belajar. Sebagai contohnya ketika salah satu mahasiswa KKN UTM yang mengajar di TK Mawar sangat kesulitan dalam menerangkan materi dikarenakan dalam satu kelas tersebut terdapat tiga kelompok belajar yaitu TK A, TK B, dan TK Nol (PAUD). Sehingga perlu adanya tindakan lanjut terkait lembaga pendidikan di Desa Rosep baik melalui sumber daya manusia serta sarana dan prasarananya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages