PELATIHAN TELUR ASIN DESA ROSEP

IMG_20180117_WA0055

      Desa rosep merupakan salah satu desa yang terletak di dusun brekas kecamatan Blega kabupaten Bangkalan. Sebagian besar masyarakat desa Rosep bermata pencaharian sebagai petani, pedagang dan berternak. Salah satu potensi desa Rosep yang dioptimalkan oleh warga sekitar adalah berternak bebek. Rata-rata peternak bebek menjual hasil telurnya tanpa adanya proses pengolahan dan langsung kepasar Blega. Sehingga hasil perekonomian desa Rosep terbilang kurang maju dan tidak ada inovasi.

       Salah satu cara untuk meningkatkan hasil perekonomian desa Rosep ialah dengan menginovasikan telur bebek yang dihasilkan oleh warga sekitar dengan cara mengolah telur bebek menjadi telur asin. Telur asin merupakan masakan berbahan dasar telur yang diasinkan atau (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur ayam dan tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur lainnya termasuk telur bebek. Salah satu bentuk inovasi yang dapat dilakukan warga desa Rosep ialah mengolah telur bebek menjadi telur asin.

C360_2018_01_17_09_20_41_274_1

      Cara pembuatan telur asin adalah pilih telur bebek yang bermutu (tidak retak dan tidak busuk), lalu bersihkan telur dengan cara mencuci atau dilap dengan air hangat kemudian keringkan, amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka, buat adonan pengasinan yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam dengan perbandingan sama. Dapat pula dengan menggunakan adonan yang terdiri dari campuran bubuk batu bata merah dengan garam tambahkan sedikit air dalam adonan kemudian aduk sampai berbentuk pasta. Bungkus telur bebek dengan adonan satu per satu secara merata. Simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik selama kurang lebih 10-15 hari. Usahakan agar telur tidak pecah, simpan ditempat yang bersih dan terbuka. Setelah selesai bersihkan telur dari adonan kemudian rendam dalam larutan teh selama 8 hari. Setelah itu rebus telur selama kurang lebih 60 menit untuk memastikan bawah telur benar-benar masak dan gurih.

C360_2018_01_17_09_00_35_359_1

       Telur bebek yang sudah melalui proses pengasinan (telur asin) memiliki kandungan zat gizi. Bagian kuning telur mengandung banyak protein 17% sedangkan bagian putih telur 11% mengandung protein ovavitelin. Manfaat telur asin baik untuk anak-anak dan ibu hamil karena kandungan protein yang sangat banyak. Sehingga masyarakat desa Rosep sangat terbantu dengan adanya inovasi telur asin ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages