PRODUK UNGGULAN YANG MENJADI PRIMADONA DESA ROSEP


Whats_App_Image_2018_02_04_at_11_13_27_AM

          Tahu kah anda bahwa desa Rosep merupakan salah satu desa dengan potensi alam yang sangat kaya? Ya, desa Rosep merupakan salah satu desa yang masih sejuk dengan hamparan sawah dan pemandangan yang indah. Desa yang terletak tak jauh dari jalan utama menuju Sampang ini merupakan desa yang melimpah dengan kekayaan alam berupa padi dan kacang. Seketika mata memandang dari arah manapun akan terlihat sawah yang masih menghijau dengan lingkungan yang asri, terlihat dari arah Utara desa Rosep hingga ke Timur.

          Padi dan kacang merupakan dua potensi alam yang masih sering dijumpai di desa Rosep. Padi dan kacang yang ditanam akan dijual secara mentah di pasar Blega. Biasanya jika musim panen padi warga sekitar menjual dan ada yang disimpan sebagai kebutuhan pokok sehari hari. Begitu pula dengan kacang yang menjadi salah satu hasil bumi yang ada di desa Rosep. Tanaman kacang tidak tumbuh setiap saat atau setiap bulan. Melainkan tanaman ini hanya tumbuh saat musim kemarau (curah hujan tidak tinggi). Akan tetapi biasanya warga desa Rosep menyimpan hasil kacangnya untuk kehidupan sehari-hari atau di jual dalam jangka panjang (kebutuhan jangka panjang). Selain itu warga desa Rosep memanfaatkan hasil bumi padi dan kacang menjadi suatu produk unggulan yang memiliki nilai jual tinggi.


Whats_App_Image_2018_02_04_at_11_13_28_AM_1           
             Sebagai contohnya padi yang menjadi primadona sumber mata pencaharian masyarakat di desa Rosep itu menginovasikan padi tersebut menjadi olahan makanan yaitu krupuk nasi. Padi yang telah menjadi nasi tersebut diolah menjadi produk makanan yang berbahan dasar beras, krupuk salah satunya. Krupuk merupakan camilan yang menjadi kebutuhan pelengkap ketika kita makan. Warga sekitar Potensi alam yang dimiliki desa Rosep ini merupakan salah satu sumber penghasilan masyarakat sekitar.

          Produk lain yang juga menjadi primadona di desa Rosep adalah kacang. Kacang merupakan salah satu hasil bumi Rosep yang berlimpah ruah. Kacang tanah selain dijual di pasar Blega juga diolah menjadi minuman khas buat desa Rosep. Minuman ini berbahan dasar kacang tanah yang dicampur dengan susu kental manis dan juga pewarna minuman. Sucang (susu kacang) ini merupakan sebutan dari minuman khas desa Rosep. Warga sekitar biasanya menjual sucang dalam bentuk kemasan botol yang dijual di sekitar rumah. Kedua produk tesebut merupakan hasil kekayaan alam desa Rosep yang diyakini dapat meningkatkan nilai perekonomian masyarakat desa Rosep.


        Tidak hanya dua potensi tersebut yang menjadi primadona desa Rosep, hasil ternak pun merupakan primadona yang ada di desa Rosep. Banyaknya hasil ternak yang dihasilkan akan membuat perekonimian desa menjadi lebih baik. Warga sekitar berternak mulai dari bebek, ayam, sapi dan kambing. Biasanya untuk hasil ternak warga sekitar hanya menjualnya dalam bentuk mentahan di pasar Blega. Sehingga warga desa mengupayakan adanya inovasi baru yang dapat meningkatkan nilai perekonomian warga desa Rosep, salah satunya adalah menginovasikan telur bebek menjadi telur asin. Dari segi penghasilan, desa Rosep termasuk desa yang makmur dan berkecukupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages